11 Kesalahan yang Umum dalam Menata Ruang Keluarga

134
Ruang Keluarga Modern

Desainer interior bisa jadi menghabiskan hidup mereka mempelajari detail-detail kecil yang membuat ruangan menjadi sempurna. Sama seperti film yang disutradarai dengan bagus, ruang tamu yang dihias dengan baik sekaligus menarik dan mengesankan, aman, dan nyaman. Terkadang, apa yang ada di ruang keluarga kita sendiri bisa sulit untuk ditentukan.

Ruang impian Anda mungkin tidak terlalu jauh dari jangkauan jika Anda mempertimbangkan kesalahan dekorasi ruang tamu yang paling umum seperti beberapa hal di bawah ini:

1. Memilih Sofa yang Salah

Desainer setuju: Ruang tamu yang bagus dimulai dengan sofa yang bagus. Beberapa tidak ingin menggantinya karena tidak terlalu tua dan mereka tidak mempermasalahkannya. Sofa yang mereka beli dulu akan terasa tidak nyaman atau terlalu besar (atau terlalu kecil) untuk ruangan yang baru. Di ruang keluarga, sofa yang bagus adalah kunci kenyamanan, tetapi juga penting pada bagaimana suasana dan tampilan ruangan. Pastikan Anda memperhatikan ketinggian tempat duduk sofa dan buatlah denah furnitur sebelum membeli.

2. Kelihatan Seperti Toko Perabotan

Kesalahan lain yang mengganggu ruang keluarga di mana saja adalah “nuansa ruang pamer”. Dengan kata lain, ruangan yang terlihat seperti semuanya dibeli dari toko yang sama. Penting rasanya untuk memadukan elemen baru dan vintage untuk menciptakan ruangan yang menarik dan tidak pasaran.

3. Membeli Karpet atau Permadani  Yang Terlalu Kecil

Salah satu kesalahan dalam dekorasi ruang tamu adalah ukuran permadani yang tidak sesuai. Permadani besar bisa jadi mahal dan terasa seperti kemauan yang berlebihan, tetapi menurut beberapa stylist, itu salah satu aspek terpenting dari sebuah ruangan.
Ruang keluarga hampir selalu membutuhkan permadani berukuran setidaknya 2,5 x 3 meter kecuali Anda memiliki ruang tamu kecil. Hindari menggunakan permadani berukuran kurang dari 2 meter. Permadani berukuran kecil mungkin bagus di samping tempat tidur, di dapur, atau di pintu masuk, tetapi pasti tidak akan terlihat bagus di ruang tamu Anda.

4. Merencanakan Tata Letak dengan Buruk

Terkait dengan tata letak ruangan keluarga, tidak boleh ada pernak-pernik furnitur atau perabotan tajam yang berhadapan langsung dengan pintu utama.

Tidak tanpa alasan, aturan fengshui ini jika tidak ditaati akan berpengaruh kepada semua orang yang menempati rumah tersebut. Salah satunya adalah hoki atau keberuntungan orang rumah tidak bisa tertampung atau bertahan lama di rumah tersebut.

Baca Juga: Hal-hal yang Membuat Rumah Terasa Nyaman

5. Pemilihan Hiasan Gantung yang Salah

Hiasan yang digantung dengan cara yang salah di dinding ibarat karakter dalam film yang mengenakan rambut palsu yang sangat jelek, susah untuk tidak melihatnya, dan berharap agar bisa membuang dan menghancurkannya. Terkadang kita lebih mengerti bahwa semuanya akan jauh lebih baik tanpa hiasan jelek tersebut. Mungkin hiasan-hiasan gantung tersebut tidak akan merusak pengalaman Anda, tetapi hanya sangat mengganggu sih.

Beberapa desainer setuju bahwa hiasan harus digantung setinggi mata kecuali jika langit-langit Anda sangat rendah. Jika dinding dipotong secara vertikal menjadi empat bagian (dari bawah ke atas), bayangkan hiasan digantung di bagian ketiga dari bawah/lantai.

6. Tidak Memadukan Jaman dan Gaya

Menurut ahli, seringkali orang merasa terkotak dan dibatasi oleh arsitektur rumah mereka dan memilih furnitur berdasarkan arsitektur rumah dan terlalu mengikuti jaman. Solusi terbaik adalah memadukan gaya furnitur dengan gaya arsitektur. Misalnya, bangunan atau ruangan yang bergaya kuno tidak cocok bila dipadukan dengan furnitur modern dan mimimalis.

7. Tidak Menguji Penataan Ruang Tamu Anda

Sangatlah penting untuk mempertimbangkan pemandangan dari tempat duduk utama. Di ruangan terbuka yang besar, menyenangkan bisa duduk di atas kursi favorit sambil memandang bagian ruangan lainnya. Di ruangan kecil, penting untuk mempertimbangkan pemandangan dari jendela ke bagian luar ruangan.

Baca Juga: 8 Tips Mendesain Kamar Tidur

8. Memilih Meja yang Tidak Proporsional

Ada lebih banyak pilihan meja di toko perlengkapan rumah favorit Anda dan memilihnya sesuai selera Anda. Biarkan gaya hidup dan fungsionalitas Anda misalnya aman bagi anak-anak yang bisa sebagai penyimpanan remote. Memadu bahan, tinggi, panjang, dan ruang kosong yang diperlukan untuk memastikan meja Anda serasi dengan ruang tamu Anda.

9. Memilih Hiasan Seni Murah

Hiasan seni murahan benar-benar dapat menurunkan estetika ruangan. Alih-alih menjadi murahan, pilihlah layanan seni kustom, di mana Anda dapat memesan karya seni asli yang terjangkau.

10. Memilih Pencahayaan yang Buruk

Memperbarui pencahayaan bisa menjadi cara yang murah untuk benar-benar membantu meningkatkan estetika keseluruhan ruang, serta memberikan rasa keanggunan dan kenyamanan yang baik. Ini juga salah satu fitur desain yang paling sering diabaikan, namun paling serbaguna.

11. Menutupi Dinding dengan Furnitur

Kesalahan umum tata letak yang orang-orang lakukan pada ruang tamu mereka adalah dengan menempelkan semua furnitur ke dinding. Coba atur sofa atau kursi Anda lebih ke tengah ruangan untuk menyeimbangkan tata letaknya.

Demikian beberapa tips agar ruangan keluarga Anda tertata lebih aman dan terasa lebih nyaman. Silahkan hubungi tim Tukang Oke untuk berkonsultasi secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here